Merencanakan kehamilan

Berat ya booo judulnya :D

Well, the one and only question setelah lo kawin (eh, nikah maksudnya) tak lain dan tak bukan adalahhhhh : UDAH ISI BELOM? (gw bold-capslock biar horornya makin kerasa)

Kalo lo udah bunting, yah.. well, congrats :) tapi kalo belum, itu adalah pertanyaan yang bikin emosi jiwa.

And here I am, udah 6 bulan setelah menikah, tapi tamu bulanan masih aja rutin dateng. Beberapa kali sempet telat beberapa hari, tapi endingnya berdarah juga, hikss...

Setelah lewat 6 bulan dan setelah baca-baca banyak buku, we both decided, kalo memang kita mau hamil, harus dipersiapkan matang-matang biar (mudah-mudahan) terhindar dari segala macam komplikasi dan hal-hal yang tak diinginkan.

Cek dan ricek, akhirnya kita mampir ke National Hospital di Surabaya barat. Selain karena deket sama rumah, kita juga nyari English speaking hospital. (National Hospital ini recommend banget buat yang nyari cozy and nice atmosphere hospital - lebih berasa kaya di Mall dari pada RS malahan).

Di National Hospital kita dikasih list English speaking Obgyn. Pas lihat listnya, ada Dr. Amang Surya, WOW banget nih. Secara gw udah baca banyak banget tentang ni dokter di forum-forum ibu hamil (haha, yess, gw join forum ibu hamil, jauh sebelum gw hamil - saking niatnya). Terkenal karna oke, tapi juga terkenal karna antrinya panjanggggggggg.....!

Setelah nanya-nanya (dan dikasih tau bahwa beliau sering telat - hehe), akhirnya kita bikin appointment buat hari Senin, 12 Oktober 2015. Hari Jumat malem gw mensturasi. Tapi ngga papalah, kan cuman  konsultasi sama ngobrol ini.

Oh iya, sebelumya gw udah cek darah di Laborat buat test TORCH, HIV dan Hepatitis, dan hasilnya gw bawa sekalian pas ketemu Dr. Amang.

Di National hospital pelayanannya oke banget! Staffnya ramah, ngga ribet dan ngga pake nunggu lama. Setelah daftar, langsung ke ruang tunggu. Ngga banyak pasien hari itu, jadi nggak ada setengah jam-an bisa langsung ketemu Dr. Amang. Beliau friendly banget, tapi ya, harus kita yang ngasih informasi tentang ini-dan-itu (such as : history pemakaian birth control, teratur atau nggaknya menstruasi, durasi menstruasi dsb-yang menurut gw penting yah), karena cuma ditanya kapan hari terakhir mens. Gw bilang bahwa gw ini lagi mens hari ke-4. Dan langsunglah itu gw disuruh untuk USG. (Beliau bilang, waktu yang tepat untuk konsultasi dan mempersiapkan kehamilan adalah ketika kita lagi menstruasi).
Aga risih sih waktu tau harus transvaginal USG (Alatnya masuk ke vagina kita), secara lagi mens gitu, takut terjadi pertumpahan darah, tapi kata susternya ga papa, ntar pakai alas sama kondom khusus buat USG.

Ini kali pertama gw di USG, aduh, rasanya seneng banget, sampe senyum-senyum sendiri (lebay sih, ga ada babynya juga). Dokternya nunjukin, ini loh rahimnya, posisinya oke, ini loh blablabla.. Pak Suami juga nampaknya terhipnotis liat isi vagina gw di USG :D
Trus alatnya diarahin ke Ovarium buat ngitung sel telur. Ovary sebelah kanan sekitar 9-10 telur, ovary sebelah kiri ada lebih dari 10 (hai telur-telurku.. baik-baik ya, jangan nakal).

So far semua bagus di calon ibu untuk mempersiapkan kehamilan, jadi masih bisa diusahakan kehamilan secara alami.

At the end, kita dapat 2 obat. 1 obat untuk membantu mematangkan sel telur, yang diminum 1 kali sehari langsung 2 tablet, selama 5 hari berturut-turut. Satunya Asam folat untuk memperkuat sel telur, diminum sehari sekali selama 30 hari.

Tanggal 21 nanti (hari ke-12 setelah Haid hari pertama), kita harus ketemu Dr. Amang lagi buat cek kematangan sel telur, sekalian cek sperma untuk Pak Suami (ini juga penting banget untuk persiapan kehamilan). Karena tanggal itu Dr. Amang lagi ngga praktek di National Hospital, jadilah kita yang bakalan menyambangi beliau di Klinik Morula.

Abis selesai periksa, bayar dan ngambil obat, kita makan es krim dan nongkrong sampe sore di Bangi Kopitiam yang ada di National Hospital.  This will be a long journey for us, maybe successful,  maybe not. Tapi tugas manusia adalah berusaha dan mempersiapkan jalannya sebaik mungkin. Sisanya, kita serahkan kepada Tuhan dan alam untuk mewujudkannya.



(Kalkulator masa subur taken from www.ibuhamil.com )

Yey.. Semangat!


*Surabaya, calon ibu dan segala kegaduhannya*




0 komentar: